Amien Rais Gagal Temui Agus Rahardjo, KPK Pertimbangkan Urgensinya

JawaPos.com – Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengaku gagal menemui Ketua KPK Agus Rahardjo maupun komisoner lainnya. Elite lembaga antirasuah itu disebut-sebut sedang tidak berada di kantornya.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara KPK Febri Diansyah memastikan tidak ada perlakuan berbeda yang diberikan pihaknya pada Amien. Namun, ada pertimbangan tertentu yang membuat seseorang tidak bisa sembarangan untuk bertemu pimpinan.

Amien RaisKetua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengaku gagal menemui Ketua KPK Agus Rahardjo maupun komisoner lainnya. (miftahul hayat/JawaPos.com)

“Kalau semua orang bisa diterima oleh pimpinan tanpa telaah, tanpa analisis urgensi. Misalnya seurgen apa tamu tersebut untuk kepentingan lembaga, tentu tidak mungkin akan ada waktu yang cukup,” ungkapnya pada awak media, di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin malam (29/10).

“Karena itu kalau ada tamu yang misalnya perlu bertemu pimpinan tentu kami pelajari terlebih dahulu. Bukan soal posisi dari tamu tersebut, tapi soal urgensi terkait dengan kepentingan lembaga dan pemberantasan korupsi,” imbuh Febri.

Lebih lanjut sbobet indonesia, diakui Febri, pihaknya memang mempersilakan siapa pun datang ke KPK dan mengikuti mekanisme yang ada apabila ingin mengadukan atau memberikan informasi soal korupsi. KPK menerima semua masukan, kritik, atau keluhan apa pun sepanjang terkait pemberantasan korupsi.

“Setahu saya laporan itu masuk melalui pengaduan masyarakat dan tadi pun sebenarnya tidak ada pelaporan, karena tidak ada registrasi pelaporan masyarakat tapi yang bersangkutan menyampaikan beberapa hal yang mungkin disebut sebagai saran atau kritik,” jelasnya.

Sebelumnya, Amien Rais mengaku gagal bertemu dengan Ketua KPK Agus Rahardjo. Padahal, dia begitu meyakini kehadiran akan disambut oleh pimpinan lembaga antirasuah ini.

“Pak Agus Rahardjo pernah mengatakan kalau Pak Amien Rais mau datang ke KPK silakan welcome. Karena itu saya berharap pada Pak Agus Rahardjo dan komisioner yang lain, tapi kemudian katanya lima-limanya sedang menghadiri kegiatan di tempat lain,” ungkap Amien ketika keluar gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (29/10).

(ipp/JPC)