Presiden Jokowi Tinjau Revitalisasi Pembangunan Kesultanan Banten Lama

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Serang, Banten. Kunjungan kerja kali ini Presiden Jokowi memantau proyek pembangunan Kesultanan Banten Lama, yang saat ini sedang dipugar.

Ketua DPRD Banten, Asep Rahmatullah mengatakan , kedatangan Presiden Jokowi ini merupakan kegembiraan dari masyarakat Banten‎. Karena Kesultanan Banten Lama ini diproyeksi bakal menjadi wisata internasional di masa akan datang.

“‎Jadi ini kegembiraan rakyat ada rektor dan kesultanan Banten, artinya menyambut kepala negara menengok Banten Lama, kami sebagai masyarakat Banten merasa bergenbira,” ujar Asep di Kesultanan Banten Lama, Serang, Banten, Sabtu (3/11).

Di tempat yang sama, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, untuk pembangunan kawasan wisata Kesultanan Banten Lama memakan biaya Rp 60 miliar. Sedangkan untuk revitalisasi kanal yang tidak jauh dari Kesultanan Banten Lama diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp 30 miliar.

Menurut Wahidin, dirinya dan banyak pihak ingin membangi lagi kota santri di Kesultanan Banten Lama. Sehingga nantinya masyarakat yang melakukan kunjungan bisa mengetahui sejarah Kesultanan Banten Lama ini.

‎”Ini bagian dari sebuah rencana pembangunan SBOBET yang perlu penataan. Saya ingin harapan masyarakat hormat dan mengetahui Kesultanan Banten melawan belanda, saat itu sultan berjuang untuk rakyat di bididang ekonomi dan dahwah,” kata Wahidin.

Pemugaran Kesultanan Banten Lama ini harus memberikan harapan baru sebagai kota peradaban, dan santri yang saat itu berjuang melawan Belanda.

“Ini harus memberikan aspirasi dan kembali hal yang positif ini jadi kota peradaban,” pungkasnya.